Pengaruh Promosi Penjualan Traveloka di Twitter @ traveloka terhadap Keputusan Penggunaan Paylater

Ratna Masytah, Evawani Elysa Lubis, Nita Rimayanti, Hevi Susanti

Abstract


Kemajuan dibidang teknologi yang begitu pesat membuat tren pengguna e-commerce di Indonesia tumbuh cukup besar. Salah satu yang menjadi kandidat kuat dalam persaingan e-commerce di Indonesia dibidang travel agency adalah traveloka. Pada perkembangannya traveloka mengenalkan sistem pembayaran paylater. Traveloka menyebarkan informasi dan penawaran produk salah satunya melalui twitter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menguji, dan menganalisis pengaruh promosi penjualan Traveloka di twitter @traveloka terhadap keputusan penggunaan paylater. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling Slovin dengan populasi penelitian adalah followers atau pengikut akun twitter Traveloka yaitu 169.176 followers. Metode analisis data penelitian yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas, regresi linear sederhana, dan uji koefisien determinasi () dengan menggunakan IBM SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi penjualan traveloka di twitter @traveloka berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan paylater sebesar 58,1%

Keywords


Keputusan Penggunaan Paylater, Promosi Penjualan, Traveloka

Full Text:

PDF

References


Muhammad Iqbal, 2019. Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Transportasi Online Grabbike Skripsi tentang Manajemen yang diterima di Universitas Muhammadiyah di Sumatra Utara 2009, Kotler dan Keller Manajemen Marketing 1. Edisi ke-13 Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Pratiwi, Dida, dan Sjafira pada tahun 2018. Strategi Komunikasi untuk Meningkatkan Pengetahuan Tentang Wisata Halal di Kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), hlm. 78–90.

Dalam studi kasus yang dilakukan pada pengguna Traveloka di Kota Bandung pada tahun 2015, Sastika menyelidiki pengaruh kualitas website e-commerce Traveloka (Webqual 4.0) terhadap keputusan pembelian mereka. ISSN: 2089-9815, Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2016 (SENTIKA 2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jab.21.1.56-64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Aplikasi Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.