PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU BATA PADA TOKO SEPATU BATA MTC GIANT PANAM

Afma Fitri, Meyzi Heriyanto

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Toko Sepatu Bata MTC Giant Panam yang berlokasi di Jl. HR. Soebrantas Km. 12,5 Panam, Pekanbaru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah selama empat tahun berturut-turut terjadi fluktuasi yang cenderung menurun serta tidak pernah mencapai target penjualan yang telah ditetapkan perusahaan, hal tersebut diduga disebabkan oleh menurunnya tingkat keputusan pembelian sepatu Bata pada Toko Sepatu Bata MTC Giant Panam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian sepatu Bata. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah deskriptif kuatitatif dengan menggunakan program SPSS. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yangtelah membeli sepatu merek Bata pada toko Sepatu Bata MTC Giant Panam yaitu berjumlah 18.410 konsumen. Sampel yang diambil berdasarkan metode dengan rumus slovin yaitu 100 responden dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian hipotesis menggunakan metode analisis linear sederhana dan analisis linear berganda dengan hasil menunjukkan bahwa kualitas produk dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu Bata. Dengan perhitungan koefisien determinasi (R2) sederhana kualitas produk terhadap keputusan pembelian diperoleh nilai R Square  sebesar 0,682 atau 68,2% dan citra merek terhadap keputusan pembelian diperoleh nilai sebesar 0,532 atau 53,2% dan perhitungan determinasi (R2) berganda diperoleh nilai R Square  sebesar 0,683. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan citra merek memberikan pengaruh sebesar 68,3% terhadap keputusan pembelian sepatu Bata pada Toko Sepatu Bata MTC Giant Panam, sedangkan sisanya 31,7 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini

Keywords


Kualitas Produk, Citra Merek, da Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Assauri, Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta:Grafindo

Bungin, Burhan. 2014. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media

Darmawan, Deni. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT.

Husein, Umar. 2008. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada

Istijanto. 2005. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia

Kartajaya, Hermawan. 2004. Positioning, Diferensiasi, dan Brand. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Keller, L. 1993. How to manage brand equity. Jakarta: Gramedia

Kotler, Philip dan Amstrong. 2001. Prinsip –Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Keller. 2006. Manajemen Pemasaran Edisi ke 10. Jakarta: Indeks

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian Salemba Empat. Jakarta

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Machfoedz, Ircham. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitat. Yogyakarta: Fitramaya.

Mowen, John C dan Minor. 2012. Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga.

Rangkuti, Freddy. 2004. Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia

Rangkuti, Freddy. 2004. Manajemen Persediaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi

Setiyaningrum, Ari, dkk. 2015. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supangat, Andi. 2013. Statistik Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, dan Nonparametrik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Supranto, J dan Nandan Limakrisna. 2007. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta : Penerbit Mitra Wacana Media.

Sutojo, Siswanto 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Damar Mulia Pustaka

Sutrisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Swastha, Basu dan Irawan. 2006. Manajemen Pemasaran Modern Edisi 2. Yogyakarta: Liberty

Tjiptono, Fandy. 2001. Manajemen Jasa Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi

Jurnal:

Sulistyawati, Praba. 2014. Analisis pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian laptop merek acer di kota semarang. Semarang: JurnL Manajemen Pemasaran. Vol. 1, No. 3: 1-12

Fiani, Margaretha, dan Japarianto, Edwin. 2012. Analisa Pengaruh Food Quality dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian: Studi pada Toko Ganep’s di Kota Solo. Surabaya: Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 1, No. 1: 1-6.

Iryanita, Rizky, dan Sugiarto, Y. 2013. Analisa Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian: Studi pada Konsumen Produk ATBM Pekalongan. Semarang: Jurnal Manajemen. Vol. 2, No. 2: 1-9.

Kodu, Sarini. 2013. Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Manado: Jurnal EMBA. Vol 1, No. 3: 1251-1259.

Senly, Alvian. 2017. Pengaruh citra merek (brand image) terhadap pengambilan keputusan pembelian mobil mitsubishi colt diesel pada pt. Bosowa berlian motor cabang bone. Makassar: jurnal emba. Vol 1, No. 6: 1-9

Supriyadi, Wiyani, Wahyudi, dan Ginanjar Indra. 2017. Pengaruh Kualitsas Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian: Studi pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse di Fisip Universitas Malang. Malang: Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 4, No. 1: 75-84.

Weenas, Jackson. 2013. Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. manado: jurnal emba. vol. 1, no. 4: 607-618




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jab.14.2.27-37

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Aplikasi Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.